MUSRENBANG KECAMATAN GABUNGAN DAPIL 1 TAHUN 2023 KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

MUSRENBANG KECAMATAN GABUNGAN DAPIL 1 TAHUN 2023 KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

PURWOKERTO UTARA - Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kecamatan untuk dapil 1 dengan wilayah Kecamatan Eks Kotip : Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan, Purwokerto Timur, Purwokerto Utara dan Patikraja dilaksanakan pada hari Selasa (21/2/2023) dimulai Pukul 09.00 WIB secara daring via Zoom Meeting. Pelaksanaan musrenbang Kecamatan Purwokerto Utara bertempat di Kelurahan Purwaanegara. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan/atau kelurahan.

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan usulan prioritas dan alokasi anggaran.

Dari Bappeda Litbang Kabupaten Banyumas hadir secara daring melalui zoom meting sebagai narasumber. Turut hadir dalam kegiatan musrenbang tersebut antara lain: Camat Purwokerto Utara, Kapolsek Purwokerto Utara, Danramil 01 Purwokerto Utara, Anggota DPRD Dapil 01, Kepala Kepala Puskesmas 1 dan 2 Kecamatan Purwokerto Utara, Korwil Dindik Kecamatan Purwokerto Utara, Kepala KUA Purwokerto Utara, Koordinator PLKB Kecamatan Purwokerto Utara, Koordinator  PKH Kecamatan Purwokero Utara, TKSK Kecamatan Purwokerto Utara, Ketua ASPIKMAS Kecamatan Purwokerto Utara, Para Kasi dan Kasubag Kecamatan Purwokerto Utara, Ketua Forum Anak Kecamatan Purwokerto Utara, Kepala Desa/Lurah, Tokoh Masyarakat, TP-PKK Kecamatan Purwokerto Utara. Pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Acara dibuka oleh Bappedalitbang Kabupaten Banyumas lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian sambutan oleh Camat Purwokerto Utara  Dra. Erny Indriastuty, M.M, selaku perwakilan camat.

Dalam sambutan tersebut, Camat Purwokerto Utara Dra. Erny Indriastuty, M.M menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan prioritas pembangunan kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Dengan mengusung tema musrenbang 2023 kabupaten banyumas “peningkatan kualitas sumber daya manusia serta tata kelola pemerintahan yang efektif dan kolaboratif untuk mendukung pengembangan potensi daerah”

maka usulan kegiatan pada musrenbang hendaknya disinkronkan dengan isu strategis kabupaten banyumas yaitu:

  1. Optimalisasi tata kelola pemerintahan
  2. Penguatan ketahanan pangan
  3. Peningkatan daya saing daerah
  4. Penanggulangan kemiskinan

Selain itu ibu Camat Purwokerto Utara juga menyampaikan  bahwa “kebijakan pemerintah terkait alokasi dana kelurahan diharapkan secara bertahap ditambah besarannya sehingga akan lebih cepat menyelesaikan permasalahan dan lebih banyak usulan kegiatan prioritas yang terealisasi.”

Acara berikutnya masing-masing kecamatan pemaparan usulan kegiatan, pada giliran kecamatan purwokerto utara terdapat 9 usulan kegiatan sebagai berikut :

  1. Penyelesaian pembangunan kantor Kecamatan Purwokerto Utara
  2. Sarana dan prasarana kantor Kecamatan Purwokerto Utara
  3. Pembangunan talud di wilayah Kelurahan Purwanegara
  4. Pembangunan kantor Kelurahan Bancarkembar
  5. Rehabilitas jalan dan pembangunan drainase utara Jalan Sunan Ampel Kelurahan Pabuwaran
  6. Pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan jaringan irigasi Kelurahan Sumampir
  7. Pembangunan, peningkatan, rehabilitasi dan pemeliharaan drainase jalan Kelurahan Grendeng
  8. Pembangunan drainase tertutup RW. 01 Kelurahan Karangwangkal
  9. Revitalisasi pembangunan gedung kantor  dan  rehab kantor Kelurahan Bobosan

Hasil penetapan usulan kegiatan ditingkat kecamatan selanjutnya akan dibawa ke forum OPD untuk dibahas sesuai rancangan Rencana Kerja masing-masing OPD (IS, Edit : Reni).

 

 

 

 

Related Posts

Komentar