Budidaya Melon Hidroponik melaui Bimtek Tematik

Budidaya Melon Hidroponik melaui Bimtek Tematik

Purwokerto Utara-Senin 22 agustus 2022, bertempat di Griya Tani PokTan (Kelompok Tani) Raden Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara telah dilaksanakan Bimtek Tematik bagi Petani tentang “Budidaya Melon Hidroponik”. Hidroponik merupakan suatu cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah,  dan biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara.

 

Bimtek Tematik ini dihadiri oleh petani dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dengan 2 (dua) narasumber yaitu Ir. Rohmat dari Dinpertan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas  dan Sutino dari praktisi melon. Bimtek diikuti oleh 30 orang peserta Gapoktan terdiri dari: 1) Sura Kelurahan Pabuwaran; 2) Lestari Kelurahan Karangwangkal; 3) Mertani Kelurahan Sumampir; 4) Sejahtera Kelurahan Purwanegara; 5) Ngudi Maju Kelurahan Bobosan; dan 6) Rasa Kelurahan Grendeng.

 

"Kegiatan Bimtek budidaya melon hidroponik ini diadakan sesuai dengan kondisi geografis Kecamatan Purwokerto Utara yang termasuk salah satu kecamatan di daerah perkotaan”, ujar Rohmat selaku narasumber Bimtek. Rohmat menambahkan bahwa dalam rangka memberdayakan potensi lahan yang ada di perkotaan, sistem yang cocok dan mudah dikembangkan adalah sistem tanam hidroponik. Salah satunya mengembangkan pertanian melon hidroponik, tambahnya.

 

“Buah melon mempunyai nilai ekonomis tinggi karena dengan sitem hidroponik dapat menekan biaya produksi lebih efisien dibandingkan dengan sistem tanam konvensional”, kata  Sutino sebagai praktisi. Sutino menerangkan bahwa untuk menjaga pemasaran diperlukan komunitas pebudidaya melon. Diharapkan melalui kegiatan Bimtek dapat ditularkan pada petani lain, sehingga dapat dikembangkan pada lahan yang minimalis untuk aneka tanaman buah atau sayuran.(Irene)

Related Posts

Komentar