Program Unggulan Kelurahan Pabuwaran dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS)

Program Unggulan Kelurahan Pabuwaran dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS)

Purwokerto Utara- Lomba Lingkungan Bersih dan sehat (LBS) merupakan upaya untuk memicu masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat yang diadakan setiap tahun dilaksanakan secara nasional. Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara salah satu kelurahan yang masuk nominasi lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Kabupaten Banyumas. Senin 8 Agustus 2022 bertempat di aula dan sekitar Kelurahan Pabuwaran, penilaian lomba LBS dilaksanakan oleh juri. Lokus kegiatan penilaian ada di wilayah RW 1, RW 2, RW 5 dan RW 6.

 

Beberapa program unggulan yang menarik dan bermanfaat disajikan oleh ketua Penggerak PKK Kelurahan Pabuwaran Wiji Lestari. “ Hasil dari nabung sampah yang dilakukan secara rutin dapat digunakan untuk kegiatan refreshing ke luar kota” ujar Wiji Lestari. Dalam penjelasannya, Wiji menyampaikan bahwa program unggulan nabung sampah sudah dirintis mulai tahun 2012 dan hasilnya dapat dinikmati.

 

Selain nabung sampah atau bank sampah, program unggulan lain yaitu pertanian kebun melon yang terletak di RW 05. Menurut informasi dari lurah Pabuwaran, rencana tahun depan untuk wisata agrobisnis. “ Kebun melon ini dikelola oleh kelompok tani Raden yang mempunyai beberapa varian”, lanjutnya.

 

Hadir di kegiatan penilaian lomba tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Junaidi, M.T. “Unggulan dan inovasi dari Kelurahan Pabuwaran perlu dikembangkan secara berkelanjutan sehingga dapat dinikmati masyarakat luas”, kata Junaidi. Unggulan lain dapat ditemui di RT 03 RW 02 yaitu pemanfaatan limbah kain perca dibuat menjadi keset, sarung tangan untuk masak, dompet, tas, dan souvenir.  Tentu saja hal ini dapat meningkatkan penghasilan. (AW)

 

Related Posts

Komentar