Pelatihan Produksi Sriping Pisang Mendongkrak Ekonomi Keluarga

Pelatihan Produksi Sriping Pisang Mendongkrak Ekonomi Keluarga

Purwokerto-Dalam rangka peningkatan pendapatan keluarga berbagai upaya dilakukan oleh ibu-ibu PKK. Salah satu kegiatan yang dilakukan TP PKK Kelurahan Purwanegara adalah  pelatihan produksi sriping pisang. Pelatihan produksi sriping pisang ini dilaksanakan melalui kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) Sejahtera Mandiri Kelurahan Purwanegara pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2022 bertempat di Balai RT 09 RW 03 Kelurahan Purwanegara.  Narasumber pada pelatihan produksi sriping pisang adalah ketua TP PKK Kelurahan Purwanegara.Kegiatan diikuti oleh anggota kelompok UPPKA beserta para kader.

 

“ Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) Sejahtera Mandiri ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, pengurus,  dan anggotanya”, kata ketua  TP PKK Kelurahan Purwanegara.  TP PKK Kelurahan Purwanegara menambahkan bahwa sangat diperlukan peningkatan kualitas baik produk yang akan dipasarkan maupun kepengurusan itu sendiri.

 

“Kita tidak hanya mahir membuat produk yang akan dipasarkan, tetapi juga harus melihat prospek marketing, karena hal ini sangat penting, sehingga perlu koordinasi dan pembinaan khusus dari dinas terkait”, imbuh TP PKK Kelurahan Purwanegara.

 

Dalam sambutannya, Koordinator PKB Heru Krisnanto memotivasi kepada para anggota kelompok, dan pengurus UPPKA untuk selalu berkoordinasi dan bekerjasama sehingga  program dapat terlaksana sesuai rencana. “ Jangan lupa setiap kegiatan yang dilaksanakan harus tercatat dengan baik, sehingga memudahkan kita untuk menentukan Langkah-langkah yang perlu diambil setelah evaluasi”, ujar Heru. Heru menerangkan bahwa di dalam kelompok perlu dibangun rasa kepedulian yang tinggi, saling membantu jika ada yang membutuhkan, sehingga dapat dirasakan manfaat kebersamaan dalam kelompok. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan perlu diadakan study banding dengan kelompok lain, sehingga dapat memacu kelompok UPPKA agar dapat lebih maju lagi untuk mendongkrak perekonomian keluarga, tutur Heru. (HK)

Related Posts

Komentar