Gerakan Pangan Murah  Serentak dalam Rangka Memperingati Hari Pangan Sedunia Ke-44  Kabupaten Banyumas Resmi Dibuka

Gerakan Pangan Murah Serentak dalam Rangka Memperingati Hari Pangan Sedunia Ke-44 Kabupaten Banyumas Resmi Dibuka

Purwokerto Utara – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-44, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas menggadakan pembukaan Gerakan Pangan Murah (GPM) pada hari Rabu (16/10/2024) bertempat di Aula Kantor Kelurahan Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara mulai pukul 08.00 WIB. Acara ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Banyumas, Iwannudin Iskandar, SH, M.Hum serta turut hadir Inspektur Daerah Kabupaten Banyumas, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banyumas, Kepala Dinpertan KP Kabupaten Banyumas, Kepala Dinsospermades Kabupaten Banyumas, Kepala Dinkannak Kabupaten Banyumas, Plt. Kepala Dinperindag Kabupaten Banyumas, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Banyumas, Camat Purwokerto Utara, Kapolsek Purwokerto, Danramil Purwokerto Utara, Danramil Purwokerto Utara, Pimpinan Perum BULOG Cabang Banyumas, Direktur PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, Direktur PT Rajawali Nusindo, Ketua Baznas Kabupaten Banyumas, Direktur Perumda Tirta Satria Purwokerto, Direktur PT. BPR-BKK Purwokerto, Koordinator BPP Kecamatan Purwokerto Utara, Koordinator Penyuluhan Pertanian BPP Kecamatan Purwokerto Utara, Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, dan Purwokerto Selatan.

Hari Pangan Sedunia (HPS) adalah peringatan global tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pangan, mempromosikan upaya untuk mencapai keamanan pangan serta mengambil tindakan dalam melawan kelaparan dan kekurangan gizi di seluruh dunia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, Jaka Budi Santosa mengatakan, kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Badan Pangan Nasional yang dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"Dari kami ada 50 paket sembako. Ada dari PDAM dan BPR BKK. Semua sembako lengkap termasuk sayur mayur. Harganya dibawah harga pasar," Ucap Kepala Dinpertan Jaka saat meninjau bazar murah.

Pj Bupati Banyumas Iwannudin Iskandar, SH, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini salah satunya untuk memastikan ketersediaan bahan baku dapat dipenuhi dengan baik, murah, dengan kualitas bagus. Selain itu, dilakukan sinergi dengan BUMD dan BAZNAS untuk membantu warga di desa-desa. Agar dapat proporsional yang baik untuk kualitas taraf hidup baik. 

Gerakan Pangan Murah serentak ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kabupaten Banyumas. Berbagai komoditas pangan seperti beras, minyak goreng, gula, dan bahan pokok lainnya hingga buah-buahan serta berbagai jenis sayuran dijual dengan harga subsidi, sehingga masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pangan dengan harga yang lebih terjangkau. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam menekan laju inflasi serta menjaga stabilitas harga di pasaran.

Related Posts

Komentar