Tim Penggerak PKK Purwokerto Utara Ikuti Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan Pangan Keluarga

Tim Penggerak PKK Purwokerto Utara Ikuti Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan Pangan Keluarga

Purwokerto - Selasa, 23 Agustus 2022, Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Purwokerto Utara mengikuti acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan Pangan Keluarga yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas di Balai Kelurahan Kranji. Hadir pada acara ini empat orang perwakilan dari TP PKK Kecamatan Purwokerto Utara, Kelurahan Karangwangkal, Purwanegara dan Sumampir.

 

Kepala Dinas Kesehatan, Sadiyanto, S.KM, M.Kes., yang hadir memberikan sambutan dan membuka acara menyampaikan bahwa, peran ibu-ibu PKK sangat luar biasa. Ibu-ibu PKK sangat paham dalam menangani masalah kesehatan terutama keamanan pangan keluarga.

 

“Ada beberapa upaya dalam meningkatkan keamanan pangan di keluarga, antara lain keluarga wajib memilih bahan-bahan makanan yang baik untuk dimasak, memperhatikan proses memasak, dan menjaga kebersihan saat memasak,” imbuh Sadiyanto.

 

Hadir juga Wakil Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Banyumas, Didi Supriyadi. Dalam sambutannya ia mengatakan, keamanan pangan masih menjadi isu yang sangat penting. Sampai saat ini menurutnya masih terjadi kasus masalah kesehatan karena keamanan pangan, baik makanan siap saji maupun makanan segar.

 

“Peran ibu-ibu sangat penting untuk mewujudkan pangan yang sehat bagi keluarga," ujar Didi yang menjabat juga di Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Banyumas.

 

Materi terakhir disampaikan oleh Endri Prihayanti dari Seksi Promosi dan Pember tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Keluarga. “PHBS di rumah tangga merupakan salah satu target Renstra Kabupaten Banyumas 2018-2023 (76,3%),” katanya. Endri menambahkan bahwa PHBS itu murah, kuncinya ada 3 yaitu tahu, mau, dan mampu. (Firlana)

Related Posts

Komentar